Monday 6 June 2016

SOKER

Assalamualaikum.
Alhamdulillah saya sehat, bugar, waras dan alhamdulillah tepat 1 Ramadhan 1437 Hijriah masih diberi kesempatan Allah untuk bertemu dengan ramadhan tahun ini. Lalu bagaimana dengan readers sekalian?? Semoga sehat juga aamiin. 
Kali ini tulisanku tentang makanan. Makanan yang begitu bergizi, makanan kegemaran anak-anak pekerja pabrik, makanan kepepet, dan makanan yang terkadang sempat dirindukan juga. 
Ya!! SOKER a.k.a Soto Kering...
Aku tinggal di Malaysia di daerah pemukiman kecil SS 9a bandar Petaling Jaya kampung Sungai Way, dan kalian hanya dapat menemukan soker di sungai way saja. 
Mungkin nama ini sangat asing di telinga kalian namun makanan ini sangat akrab di kalangan para pekerja pabrik di daerah sungai way. Peminatnya pun tidak sedikit karena kalau aku perhatikan lapak pedagang soker tidak pernah sepi dari pembeli. 
Berikut yaitu komposisi dari soker.
Nasi putih, ayam goreng suwir, kulit ayam yang di goreng kering, keripik kentang kering, sayur rebus (daun ubi, kacang panjang, tauge, kobis), lada bubuk, bawang goreng, kecap manis, kerupuk, sambal pecal, dan yang menjadi ciri khas adalah sambal terasi, serta dibungkus dengan kertas minyak. 
Dan soker ini tergolong makanan yang cukup ekonomis karena dengan harga RM 3 kita sudah sangat kenyang. Bagaimana tidak karena komposisinya yang begitu banyak. Untuk soal rasa tidak perlu diragukan lagi karena penjualnya pun orang-orang Indonesia umumnya daerah Jawa Timur. Sangat banyak pedagang soker ini dan rasanya hampir sama yang membedakan hanya rasa sambel terasinya saja. 
Aku sendiri pun termasuk dengan penggemar makanan ini karena hampir setiap pergi kerja pasti akan mampir warung soker terlebih dulu di jalan 12 Hehe
Dan ternyata bukan saya saja, teman-teman di tempat kerja juga banyak yang menjadi peminat soker. 
Salah satu teman dari daerah Nilai pernah menanyakan soal soker ini, karena rasa antusiasm nya itu sampai pada akhirnya dia meminta salah satu kawannya membelikan soker untuk ya haha.
Jadi, suatu hari jika kalian mampir ke daerah kampung Sungai way jangan lupa dan jangan sampai terlewatkan untuk mampir ke warung soker mencicipi nasi campur ini.  Karena jangan sampai kita akan bertanya-tanya apasih soker itu. 
Dan hal yang cukup saya khawatirkan adalah bagaimana nantinya kalau aku sudah pulang ke Indonesia lalu aku merindukan soker ini. Ampe ngences-ngences mungkin gak bakalan dapet. 

         
                   Soker jalan 12

Buat kalian para readers selamat mencoba!! 😉
Wassamualaikum. 


Fb acc : Reza Lina binti Warto
Ig acc. : @chunnong_kyu

2 comments:

  1. Q titip ya mba,bawakan soker pulang.nanti tak ganti deh.heehe

    ReplyDelete
  2. hahaha iya nanti aku bawain jum, sambal pisah la ya kan biar kagak bau wkwk sayur apa mentah apa mateng wkwk

    ReplyDelete