Sunday 27 March 2016

Seminar Pra Nikah



Seminar Pra Nikah 2016
Menikah di Jalan Dakwah
Assalamualaikum..
aku nge-blog lagi pemirsah, seneng banget bener. Ini cerita masih seger banget karena baru terjadi hari ini dan langsung tertuang nih ke blog ane yang gak seberapa ini, haha.
Kajian 27 Maret 2016 di Cyberjaya, Selangor. Tepatnya di ruang balai sidang Multimedia University Cyberjaya, Malaysia. Materi yang dibawakan cukup menarik minat aku yaitu Seminar Pra Nikah. Bagaimana tidak karena ane juga tengah menggali ilmu tentangnya.
Materi ini dibawakan oleh bapak Akhmad farhan dari UKM, dan ustadz Windo dan dihadiri oleh banyak para mahasiswa remaja yang begitu antusiasm dengan acara sseminr ini.
aku berangkat dengan rombongan kakak-kakak dar fokma Sungai Way. Berangkat dari awal pagi banget jam 8.30 pagi udah cabut dari rumah, bismilla...
Pertama gosok gamis sama jilbab asal-asalan alias gak seluruhnya rapi, terus pake baju asal masuk aja, gak sempet sarapan juga padahal abis pulang kerja laper banget aku, hmmm.. dan yang terpenting nih dengan Pede-nya passport nya aja gak kebawa itu semua karena ngejar waktu buat kajian. Hehe insya Allah berkah.
8.30 pagi udak standby depan kuil Sungai way, dan ternyata yang bikin aku berasa ermmm adalah gak Cuma aku aja yang suka sama jam karet, rupanya anak-anak juga suka ngaret, haha maklum jam nya orang Indonesia tau sendiri. And then last minute 9.20 meluncur lah kami ke Cyberjaya dengan 2 bus. 50 menit perjalanan akhirnya sampai juga ditempat yang dituju tempet seminar yaitu ruang balai sidang Multimedia University di Cyberjaya.
Alhamdulillah kursi semua penuh sampe-sampe ane sama 7 teman yang lain harus pakai kursi tambahan.
Acara bermula jam 9.30 dengan pembukaan dari ketua panitia, pembacaan tilawah Al-qur’an surat An-Nur ayat 30-33 beserta sari tilawahnya. Then disambung dengan sambutan dari badan KBRI bagian kewarganegaraan yaitu Ibu Kartika. Kemudian sambutan dari ketua fokma pusat bagian Selangor. Serta menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sambil ngisi kuesioner nih akhirnya makan juga haha.  Dan kita sampai dititik acara yaitu acara inti yang diisi oleh bapak Akhmad Farhan dan ustads Windo. Ustadz Windo serta Dr. Pinta Pudiyant Siregar,  memberikan penjelasan tentang pernikahan dari segi fikih, dan bapak Akhmad Farhan menjelaskan tentang persiapan pernikahan dari segi persiapan financial atau pendanaan persiapan pernikahan dan kelangsungan hidup.
Adapun beberapa diantaranya yang menjadi point-point penting seputar Pra Nikah:
-          Mencari calon pasangan
Dalam hal ini adalah poin yang paling utama. Mencarinya boleh melalui orangtua atau keluarga besar, guru ngaji, sahabat yang baik hati, pilihan sendiri.
-          Ta’aruf dan nashor
Keduanya hampir sama namun ta’aruf sudah dan lebih dikenal istilahnya di masyarakat umum. Ta’aruf ialah mengenal dan nashor ialah melihat satu sama lain.
-          Khitbah
Ini adalah titik awal untuk sang calon suami dimana ia meminta kepada sang wali perempuan untuk menikahi anak perempuannya. Setelah khitbah maka keduanya tetap tidak menjadikan hubungan mereka longgar, tetap dalan keadaan terjaga , seperti tidak berduaan dan semisalnya.
-          Mahar
Sebaik-baiknya perempuan adalah yang sedikit maharnya, dan sebaik-baiknya laki-laki adalah yang menghargai perempuan. Alangkah baiknya jika mahar tidak membebankan calon suami serta sang calon suami tidak mengurangi kehormatan calon istri dan keluarganya.
-          Akad nikah
-          Walimah
Ini adalah yang merupakan sunnah dari Rosulullah SAW yang mana kita laksanakan meski hanya dengan seekor kambing sebagai jamuan yang halal.

Tentang dana mengenai pernikahan juga perlu dipertimbangkan jauh saat kita sudah menentukan target untuk menikah, tidak perlu megah asalkan berkah. Aamiin insya Allah.
Ada beberapa tips supaya jodoh menghampiri, diantaranya:
-          Berdoa dan berprasangka baik kepada Allah
-          Terus memperbaiki diri
-          Meluaskan silaturahmi
-          Dan satu lagi yaitu tidak perlu pilih-pilih.
Itu dalah sepenggal isi dari seminar Pra Nikah, so penting nih buat antum semua yah ukhty fillah dan ikhwan. Tak hanya itu Acara inti sangat seru apalagi ditambah dengan berbagai obrolan seputar pernikahan yang sangat menarik terutama bagi remaja 20-an seperti ana.hehe
And then setelah inti disambung dengan sesi Tanya jawab yang di berikan oleh para audiences kepada para pengisi acara seputar pernikahan dan yang istimewa yaitu daper hadian buat para audiences yang bertanya, seru banget kan.
Tepat jam 2.00 siang selesai sudah acara ini, Alhamdulillah.
Acara berlanjut dengan pembagian makan siang. Selesai makan kami berfoto-foto ria di bagian background galery yang sudah disediakan oleh pihak panitia.
Jam 2.30 siang karena bus sudah datang then kami langsung cus pulang ke Sungai Way. Seperti biasa mata sudah tidak bersahabat alhasil bobo adalah the good way for us. Panas yang menyengat tak pernah menyurutkan semangat kami untuk terus mencari ilmu dijalan Allah azza wajallahu, barakallah sampai Sungai Way masih sanggup jalan sampe asrama meski puanas banget rek.
Sekian dari ane, thanks sudah mau baca tulisan ane yang masih typo-typo gak karuan haha
Semangat dalam mencari surge Allah, insya Allah.
Wassalamualaikum.

Fb acc : Reza Lina Binti Warto
Ig        : @chunnong_kyu

No comments:

Post a Comment